Selasa, 14 November 2023

Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh 


Vincent Van Gogh adalah seniman terkenal yang lahir pada tanggal 30 maret 1853 di Zudert, Belanda. Ia adalah salah satu pelukis yang sangat terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni barat. Vincent Van Gogh sudah menciptakan sekitar 2.100 karya seni, termasuk 860 nya itu lukisan minyak.

Vincent Van Gogh merupakan putra sulung dari keluarga menengah ke atas. Ia merupakan seseorang yang serius, pendiam, dan penuh pikiran. Saat Ia masih muda Ia sering berkelana dan menjadi pedagang seni. Namun saat Ia dipindahkan ke london Ia mengalami depresi. 

Pada Tahun 1881 Vincent Van Gogh mulai melukis, awal karyanya kebanyakan lukisan alam benda. Namun dalam pewarnaan lukisannya yang cerah, tebal, yang sampai saat ini menjadi ciri khas lukisannya itulah yang membuka sisi terang dalam hidup Vincent Van Gogh. Seiring berjalannya waktu Vincent Van Gogh semakin berkembang dalam dunia melukis nya terutama dalam melukis alam benda. Lukisan-lukisannya memiliki warna cerah dengan ciri khas pewarnaan dalam lukisannya. Pada masa itu Vincent Van Gogh semakin memperluas jangkauan subjek-subjek dalam lukisan, termasuk jumlah lukisannya.

Namun Vincent Van Gogh mengalami psikosis dan waham. Hal ini yang mengganggu kesehatan tubuh dan jiwanya. Walaupun Ia sering merasa khawatir dengan kondisi kejiwaannya, Ia sering kali tidak peduli pada kesehatan fisiknya seperti makan tidak teratur, sering meminum alkohol. Hal ini yang membuat hubungan pertemanannya dengan Gauguin berakhir dengan terjadinya pertengkaran yang membuat Vincent Van Gogh memotong kupingnya sendiri. 

Pada Tanggal 8 Mei 1889 Ia separate sukarela masuk ke rumah sakit jiwa di Saint Remy. Setahun kemudian Ia memutuskan untuk keluar dan pindah ke Auberge Ravoux di dekat Paris, di situ Ia di rawat oleh dokter homeopati Paul Gachet. Namun pada tanggal 27 Juli 1890 Vincent Van Gogh menembak dadanya sendiri dengan pistol, dan dua hari kemudian Ia meninggal akibat luka-lukanya.

Vincent Van Gogh karyanya baru terkenal setelah Ia bunuh diri. Reputasinya bertumbuh pada awal abad ke-20 karena unsur gaya lukis yang Van Gogh gunakan yaitu ekspresionis, fauvisme. Walau Ia bukan seniman yang sukses pada masa hidupnya bahkan dipanggil gila, namun karya lukisnya saat ini sangat benar-benar di gemari banyak orang. Namanya akan tetap di ingat sebagai orang yang berkepribadian bermasalah dan melambangkan idealisme seorang seniman yang tersiksa. 

Salah satu kayra Van Gogh yang sampai sekarang masih terkenal yaitu Starry Night. Saat Vincent Van Gogh menderita gangguan ia melukis lukisan The Starry Night di rumah sakit jiwa Saint Paul de Mausole, Prancis. Di rumah sakit jiwa, Van Gogh mengamati langit malam dari jendela kamarnya. Ia yang menggambarkan pemandangan indah bintang pada suatu pagi di musim panas tahun 1889. Van Gogh tidak diizinkan untuk melukis di kamarnya. Karena itu, Van Gogh melukis pemandangan itu dari ingatan dan menggunakan imajinasinya untuk melukis desa kecil yang sebenarnya tidak ada.  Melalui lukisan ini, Van Gogh mengatakan bahwa malam lebih berwarna daripada siang dan bahwa bintang-bintang lebih dari sekadar titik-titik putih di atas hitam, bukannya tampak kuning, merah muda atau hijau.



0 komentar:

Posting Komentar

Vincent Van Gogh